Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KOMUNITAS MARITIM INDONESIA BANGKITKAN SEKTOR BUDIDAYA LAUT

Komunitas Maritim Indonesia Bangkitkan Sektor Budidaya Laut (Lima dari kiri ketum Kommari Henry Sutioso, Foto: Istimewa)

Komunitas Maritim Indonesia (Kommari) melakukan rapat kerja bulanan di PT Gani Arta Dwitunggal, Padalarang, Bandung Barat, Kamis (8/8/2019).

newsplus.antvklik.com - Rapat kali ini sekaligus melakukan kunjungan ke pabrik pembuat kramba jaring apung (KJA) ternama di Indonesia, untuk meningkatkan sektor budidaya laut.

"Dalam rapat kerja kali ini Kommari melakukan kajian pada semua aspek di bidang perikanan. Kajian yang kami lakukan ini untuk kami bukukan dan disebarkan ke DPD, DPC," kata Ketua Umum Kommari, Henry Sutioso.

Pada kesempatan itu, salah satu Ketua Dewan Pembina Kommari, Budi Prawira mengapresiasi langkah cepat Kommari. Budi mengatakan hasil kajian yang dilakukan harus segera diketahui semua anggota dan diimplementasikan dilapangan. Dia menggambarkan komoditi yang segera direalisasikan lewat kajian Kommari adalah produksi rumput laut dan udang.

"Gambaran memperbaiki sektor budidaya yang paling memungkinkan segera dilakukan adalah yang tidak menimbulkan Kontra adalah dua komoditi rumput laut dan udang. Sementara harus nya lewat lobster Indonesia sudah gudangnya," ujar Budi.

Budi menjabarkan hal yang dilakukan selama 5 tahun ini begitu banyak angka produksi yang tidak relevan dengan katanya. Kenapa bisa terjadi demikian karena masalah pokoknya tidak dipecahkan. "Sektor perikanan kita sudah over regulated. Sementara semua regulasi itu faktanya menyulitkan," ucapnya.

Lebih jauh Budi mengatakan kalau mengikuti pemberitaan tidak sehat untuk diikuti, karena menambah beban bagi rakyat. Pemberitaan peningkatan ikan kerapu dibilang luar biasa baik, laporan laporan yang disampaikan sama

"Sementara budidaya itu sebetulnya sudah hancur untuk bangkit itu tidak mudah. Tapi info yang diterima masyarakat selalu baik," keluhnya.

Senada dengan Budi, Ketua Bidang Kajian Kommari, Andi J Sunadim menambahkan sektor budidaya meningkat justru di darat atau air tawar.

"Grafik yang meningkat saya lihat dari data Badan statistil itu seperti lele, gurame, patin. Ada juga data (BPS) Kerapu mencapai 70 ribuan ton, data KKP 40 ribuan ton, agak aneh menurut saya karena produksi dilapangan pada tutup," pungkas Andi. (*)

 

Editor : Rahman

 

Article Link : https://newsplus.antvklik.com/news/komunitas-maritim-indonesia-bangkitkan-sektor-budidaya-laut


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published