Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Kommari Lampung Berharap Omnibus Law Cipta Kerja Tak Rugikan Nelayan

Ilustrasi Foto: Istimewa

Lampung (Samudranesia) – Komunitas Masyarakat Maritim Indonesia (Kommari) Lampung berharap pemerintah serius melakukan revisi dan review paket kebijakan undang-undang yang sedang dibahas dalam Omnibus Law. Hal itu terkait dengan nasib nelayan yang dikhawatirkan terkena dampak negatif dari hasil Omnibus Law Cipta Kerja yang kini sedang digodok oleh pemerintah.    

“Ada ribuan masyarakat nelayan yang mendiami kawasan sepanjang 1200 km persegi pesisir pantai mulai dari Laut Jawa hingga Teluk Semangka (Lampung). Para nelayan tersebut terbagi atas nelayan perairan tangkap, perairan budidaya dan buruh nelayan tangkap serta plasma yang bermitra dengan industri perikanan dan kelautan. Mereka jangan sampai terabaikan dengan Omnibus Law itu,” ujar Ketua Kommari Lampung Mursaidin Albantani,ST dalam keterangannya kepada Samudranesia, Selasa (10/3).

    Melihat banyaknya masyarakat nelayan tersebut, Mico biasa disapa mengingatkan terutama nelayan yang berprofesi sebagai buruh nelayan dan plasma. Menuurtnya mereka harus menjadi perhatian khusus oleh pemerintah terkait Omnibus Law yang sedang dibahas.

    “Jangan sampai mereka masyarakat nelayan dirugikan akibat UU Cipta Kerja yang sedang digodok oleh pemerintah,” tegasnya.

    Untuk itu, dia menyarankan agar dalam pembahasan Omnibus Law, pemerintah turut melibatkan stakeholder di bidang kelautan dan perikanan seperti asosiasi masyarakat nelayan serta organisasi profesi dan pengusaha yang bergerak pada sektor kelautan dan perikanan.

    “Harus ada forum bersama, jangan sampai buruh nelayan lepas dari pantauan Omnibus Law,” tegasnya lagi.

    Merespons kegelisahan tersebut, Kommari Lampung akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Lampung untuk memperbincangkan agenda pembahasan Omnibus Law Cipta Kerja yang saat ini banyak menimbulkan pro dan kontra.

    “Dalam rangka mendukung pembahasan Omnibus Law yang berkeadilan kita akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat melalui pemerintah daerah agar pada saat pembahasan oleh pemerintah pusat tidak mengabaikan nelayan,” pungkasnya. (Ney)

     

    Article Link : http://samudranesia.id/kommari-lampung-berharap-omnibus-law-cipta-kerja-tak-rugikan-nelayan/


    Older Post Newer Post


    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published