Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Ajak Lampung Bersinergi Dorong Wisata Bahari

KKP Ajak Lampung Bersinergi Dorong Wisata Bahari

Foto: Lampost.co/Eka Setiawan

Bandar Lampung (Lampost.co) -- Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI siap bersinergi meningkatkan industri perikanan dan mendorong tempat wisata bahari di Lampung menjadi objek pilihan.

Hal itu disampaikan Dirjen Perikanan Tangkap KKP M Zulficar Mochtar saat menjadi keynote speaker FGD yang diselenggarakan Komunitas Masyarakat Maritim Indonesia (Kommari) Lampung di Balai Keratun, Pemprov Lampung, Selasa (17/12/2019). FGD bertajuk Strategi Kemaritiman Lampung.

Turut hadir keynote speaker tokoh Lampung Irjen Pol Ike Edwin, Kepala Dinas Pariwisata Edarwan, Ketua Umum DPP Komari Henry Sutioso.

"Bagaimana salahsatu daerah wisata juga bisa menjadi industri ikan. Bagaimana kita menciptakan wisata bahari berkelanjutan. Kita akan mendorong wisata-wisata di Lampung. Kita siap bersinergi," ujar M Zulficar Mochtar. 

Kepala Dinas Pariwisata Lampung Edarwan mengatakan Lampung memiliki empat fokus dalam pengembangan pariwisata. "Produk wisata yang akan dikembangkan kopi, tapis, wisata gajah dan wisata bahari," ungkapnya.

Ia mengungkapkan potensi pariwisata Lampung luar biasa. Terdapat 124 pulau dengan garis pantai 1500 km lebih. Edarwan mencontohkan potensi wisata di Pulau Legundi. "Ternyata di pulau ini ada hiunya, mari kita kaji kembangkan dengan baik. Ini bisa menjadi tempat luar biasa untuk wisata pancing," kata dia.

Tokoh Lampung yang juga Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin mengungkapkan saat ini masyarakat Lampung baru makan rata-rata 36 kg/tahun. Sementara rata-rata nasional 54 kg. "Ini harus menjadi perhatian kita."

Selain itu, Dang Ike juga memaparkan soal potensi yang belum tergali dari laut Indonesia mencapai Rp3000 triliun. Saat ini baru tergali Rp225 triliun. "Jika potensi ini dioptimalkan bangsa kita akan berdaulat," tegas mantan Kapolda Lampung itu.

EDITOR

Setiaji Bintang Pamungkas

 

Article Link : https://m.lampost.co/berita-kkp-ajak-lampung-bersinergi-dorong-wisata-bahari.html


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published