Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Curhat Gubernur Maluku ke Pengusaha

Gubernur Maluku Murad Ismail (Kiri) saat menemui Ketua Umum KOMMARI Henry Sutiyoso (kanan)

Jakarta (Samudranesia) – Gubernur Maluku Murad Ismail menerima  Ketua Umum Komunitas Maritim Indonesia (KOMMARI), Henry Sutioso dan tim di kantornya Selasa (17/9/2019).  Pada kesempatan tersebut, kedua belah pihak membahas pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam (SDA) untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat dan industri yang berkecimpung di sektor maritim. 

“Peran Maluku terutama di sektor perikanan sangatlah besar untuk Indonesia, namun timbal balik yang didapatkan masyarakat Maluku sendiri sangat minim timbale,” ujar Murad Ismail.

Dia menjabarkan sebagai provinsi dengan luas wilayah mencapai 712 ribu kilometer persegi dimana 90 persennya merupakan lautan, sektor maritim merupakan andalan utama yang akan terus digiatkan dan didorong oleh Gubernur Maluku dalam 5 tahun kedepan. Murad yang mempunyai latar belakang dari Kepolisian ini, ternyata mempunyai orang tua yang berkecimpung di perikanan.

Gubernur terpilih periode 2018-2023 tersebut tahu betul akan potensi yang dimiliki Maluku. Selama berkecimpung di Kepolisian, Murad juga sudah sering turun ke lapangan dan melihat kondisi yang kurang sejahterah walaupun sumber daya alam sangat kaya.

“Bagaimana caranya pemanfaatan sektor kelautan dan perikanan di Maluku untuk kepentingan ketahanan pangan seluruh rakyat Indonesia yang sangat besar. Potensi ini  harus memberikan peningkatan kesejahteraan terhadap Maluku sendiri. Janganlah sektor perikanan tersebut hanya dimanfaatkan dibawa ke Indonesia Barat, namun Maluku akhirnya tidak mendapatkan apa-apa,” urai Murad. 

“Seharusnya yang ingin memanfaatkan potensi Maluku, membuka kantor maupun investasi pabriknya nya di Maluku agar pemberdayaan masyarakat Maluku dapat terserap dan ekspor bisa dilakukan langsung dari Maluku sehingga PAD kami meningkat,” lanjutnya. 

Sementara Ketua Umum KOMMARI, Henry  Sutiyoso menanggapi hal tersebut dengan sangat positif. Henry sangat yakin bahwa dengan dukungan dari Pemerintah Daerah yang  dibuka sangat lebar untuk bekerjasama memanfaatkan secara optimal potensi laut untuk kesejahtraan masyarakat. 

“Program yang ada tinggal disinkronisasikan dengan pemerintah pusat dan bersinergi bersama-sama dengan pelaku usaha maupun masyarakat dalam mendorong peningkatan kesejahteraan dengan meningkatkan hasil produksi di sektor kelautan dan perikanan. 

“Gubernur sudah menyampaikan memberikan dukungan dan berbagai kemudahan akan difasilitasi dengan syarat investasi didorong di Maluku dan menggunakan tenaga kerja dari Maluku,” ujar Henry. 

Henry juga menanggapi penjelasan Gubernur Maluku bahwa laut Maluku yang sangatlah melimpah sehingga layak sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) penuh semangat. “Gubernur ingin investasi dan pemberdayaan masyarakat di Maluku untuk sektor Kelautan dan Perikanan dapat segera terdorong dan terealisasi dengan cepat,” tambah Henry. 

Selain sektor Kelautan dan Perikanan, Maluku juga kaya sektor Pariwisatanya.  Potensi wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata alam. Maluku yang mempunya lebih dari 1000 pulau, masih sangatlah minim untuk pemanfaatan pariwisatanya, padahal banyak sekali pulau-pulaunya yang mempunyai pantai dan lautan yang indah yang selama ini menarik perhatian masyarakat lokal dan juga menjadi destinasi favorit para wisatawan nasional maupun mancanegara. 

“Menurut Gubernur banyak sekali tempat-tempat yang sangat indah di Maluku ini, namun masih kurang dimanfaatkan,” aku Henry. 

Dari pertemuan selama 2 jam, Henry menyimpulkan visi misi Gubernur Maluku yang sangat luar biasa memajukan Maluku. Maluku yang kekayaan alamnya sangatlah luar biasa, sangatlah miris menempati posisi sebagai provinsi nomor 4 termiskin dari seluruh 34 provinsi dengan mencapai 17.69% jumlah angka kemiskinannya (sumber data BPS per Maret 2019). 

“KOMMARI akan bekerja keras dan ikut membantu dalam mendorong peningkatan kesejahteraan bagi provinsi Maluku dengan mengajak anggota untuk berpartisipasi melakukan investasi dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya di Maluku,” janji Henry. 

Sejalan dengan itu, Kommari mempunyai tujuan yang sama yaitu peningkatan kesejahteraan diseluruh lapisan masyarakat dan industri. “Kami berharap bersama  Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dapat bersinergi dan bersatu padu membangun Maluku,” pungkasnya. (ney)

 

Article Link : http://samudranesia.id/curhat-gubernur-maluku-ke-pengusaha/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published