Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Bertemu Ma’ruf Amin, Kommari Bulatkan Dukungan

Serang (Samudranesia) – Setelah pembacaan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Komunitas Maritim Indonesia (Kommari) melakukan kunjungan ke pondok pesantren An-Namawi Tanara, Serang, Banten, Jumat 28/6.

 

Pada pertemuan tersebut Ketua Umum Kommari, Henry Sutiyoso, memaparkan berbagai program yang akan dikerjakan dan perlu disebut hingga 5 tahun kedepan. Terlebih yang berhubungan dengan peningkatkan pendapatan nelayan, pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sektor kemaritiman. Kommari memandang selama 5 tahun yang lalu, khususnya di bidang kelautan perikanan, lebih mengutamakan kedaulatan dan keberlanjutan sementara kesejahteraan seperti tertinggalkan.

Untuk periode 2019- 2024 Komari mendukung pemerintah untuk lebih fokus pada kesejahteraan masyarakat maritim dan industri.  “Kami sampaikan kepada Maaruf Amin bahwa kehadiran Kommari bisa membantu mengawal sektor kemaritiman ke depannya, karena kita perlu mendapatkan dukungan untuk kesejahteraan masyarakat maritim kedepan,” jelas Henry. “Kami memandang lima tahun terakhir kurang bergairah  dan cenderung pertumbuhan ekonomi sektor perikanan mengalami penurunan.”

Kommari juga meminta agar larangan-larangan yang memberatkan di sektor perikanan dihapuskan tapi pemerintah hadir untuk mengendalikan lewat regulasi. Berbagai kebijakan yang menghambat harus dievaluasi sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi yang kondusif. Selain konsentrasi mengawal berbagai kebijakan yang tidak relevan, Komari juga pembina nelayan lewat kemitraan seperti menghidupkan koperasi nelayan yang tidak berjalan dengan baik. 

“Banyak hal yang segera untuk diperbaiki, Kommari membuat program yang mandiri dan profesional untuk mengawal dan menumbuhkan ekonomi sektor maritim,” ujar Henry seraya menambahkan lewat berbagai skema yang sudah siap direalisasikan seperti pembangunan budidaya ikan lewat program Bioflok. “Program ini mandiri dan professional, tidak bergantung pada anggaran pemerintah. Di awal kami menyasar budidaya air tawar.”

Sementara itu menanggapi keluhan yang datang dari Kommari, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa kesenjangan memang perlu segera diatasi mengingat kehadiran negara itu untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat baik dari kota hingga pesisir dan pulau-pulau kecil terluar.  “Masih terlihat jelas kesenjangan ya. Tentu kedepan ini menjadi perhatian bersama,” katanya. (Ney)

 

Editor : Rahman

 

Article Link : http://samudranesia.id/bertemu-maaruf-amin-kommari-bulatkan-dukungan/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published